Rabu, 31 Juli 2013

Solusi untuk Mempertahankan Dominasi BARCA di Eropa !!


Ane bukan pendukung Barca, lebih tepatnya pemerhati sepakbola yang masih amatir, tapi kelasnya hampir setara ama bung kus dan bung towel ... hhe J ngimpi !!

Ok sob. Bicara tentang tiki-taka, pasti yang ada dalam pikiran kita adalah permainan  passing bola dari kaki ke kaki dengan jarak yang tidak terlalu jauh, identik dengan pemain berpostur mini yang selalu membuat formasi triangle di tengah lapangan dan suka banget bikin lawan frustasi ngejar bola, karena gak dapet-dapet !! kasian ye ... hhe J

Secara keseluruhan ciri-ciri diatas mewakili salah satu tim yang tak asing lagi namanya di telinga kita yaitu FC Barcelona, karena tim ini lah yang kembali mempopulerkan gaya tersebut dikalangan masyarakat sepakbola hingga saat ini

Kenapa ane bilang kembali mempopulerkan ?? karena sesungguhnya yang menciptakan tiki-taka itu bukan Barca, tapi skuad Belanda era Johan Cruyf dan kompatriotnya.

Tapi dulu namanya bukan tiki-taka sob, melainkan Total Football, dari segi permainan Total Football dan Tiki-taka ada kemiripan yakni pemain dapat bermain bebas tanpa terpaku pada posisi sebenarnya dan dengan cara seperti itu lah tim dapat menciptakan peluang dari berbagai sisi tanpa disadari oleh pertahanan lawan.

Cuma tiki-taka lebih familiar di dengar hari ini ketimbang bentuk aslinya Total Football, karena Barca berhasil meng-upgrade gaya Total Football nya Timnas Belanda dengan cara memodifikasi short pass dan posisioning player sehingga tampak lebih elegan dan variatif.

Tapi pendukung Barca jangan seneng dulu, karena sebenernya hasil upgrade an waktu itu, belum semuanya tuntas, gaya yang ada sekarang mesti di upgrade lagi, karena masih banyak system error yang terjadi.

Buktinya ! dominasi Barca mulai goyah di Eropa, memang sih , dalam sepakbola pasti ada menang dan kalah, tapi yang ini beda, KENAPA Beda ?? karena setiap tim yang melawan Barca udah tau cara melumpuhkan dominasi tiki-taka.

Chelsea dengan catenacio ala Di Matteo , Bayern Munchen dengan  Full Pressing dan Counter Attack ala Jupp Heynckes , Real Madrid dengan Wing Attack dan Counter Attack ala Jose Mourinho.

Ketiga gaya di atas sering diperagakan oleh tim-tim yang melawan Barca, mereka biasanya memilih salah satu gaya yang sesuai dengan komposisi pemain yang mereka punya.

Mungkin karena hal tersebutlah media beramai-ramai menjudge kalo era tiki-taka nya Barca telah usai, tapi ane pribadi kurang setuju dengan kritikan media tersebut.

Bagi ane. Barca tetaplah salah satu tim yang patut disegani di kancah persepakbolaan Eropa, tim yang memiliki permainan khas yang telah berhasil menghibur banyak insan di dunia lewat tiki-taka nya.

Namun,  jika melihat perkembangan yang terjadi saat ini !! Perlukan EL BARCA merubah gaya permainannya saat ini ??

Menurut ane sih gak usah, tiki-taka udah keren, cuma tinggal di upgrade aja yang kurang-kurang, semisal passing lebih dipercepat, perkuat zona defence dll.

Kalo tiki-taka udah berhasil upgrade, ane yakin Barca lebih garang lagi musim depan. Dan tentu aja persaingan di Champions League bakal lebih sengit dan seru, karena tim lain ikut-ikutan cari formula baru buat ngalahin Barca.

Wah .. ane jadi gak sabar, pengen liat hasil Upgrade an nya , moga sukses dah !!

Say RESPECT for BARCA !! VISCA BARCA








Tidak ada komentar:

Posting Komentar