Rabu, 31 Juli 2013

BATTLE ! SUPERSTAR v SUPERMON ! Siapa hebat ?


Kata yang konyol memang, tapi bila ditelusuri lebih jauh kata tersebut ada benarnya juga, coba kita bayangkan perbedaan antara bulan dan bintang yang selalu menghiasi  langit dimalam hari. 

Dari segi fisik Bintang lebih unggul dari bulan, tapi dari segi fungsi Bulan jauh lebih unggul dari bintang. Mereka memiliki keunggulan dan peranan masing-masing dalam hidup.

Mengapa bisa demikian, terus apa hubungannya dengan sepakbola ??

Disinilah akal memiliki peran dalam melakukan penilaian, banyak kalangan berpendapat kalau pemain bintang atau superstar itu adalah pemain terbaik yang ada dimuka bumi ini. Tapi ane memiliki penilaian yang berbeda dalam hal ini, mungkin penilaian ane agak berbau konyol, tapi its OK !! check it out

Dimasa sepakbola modern seperti saat ini, sepakbola berhasil menyihir jutaan bahkan milyaran orang untuk terlibat dalam sebuah sistem yang telah dibuatnya, didalamnya terselip komposisi berantai yang satu sama lain saling terhubung, yakni antara pemain dan klub . klub dan supporter . klub dan investor, semuanya saling berkaitan erat dan memiliki peranan masing-masing dalam kemajuan sepakbola.

Namun disadari atau tidak, dari sekian banyak orang yang gemar terhadap permainan ini, hanya sedikit orang yang dapat melihat permainan ini dari sisi yang berbeda. Padahal jika diulas dan ditelusuri lebih mendalam, sepakbola memiliki rumusan-rumusan yang menarik, dan tak jarang mengajarkan kita tentang arti kehidupan.

Seperti halnya dengan tema diatas yang merupakan pertanyaan sederhana namun syarat akan nilai. Jika kita harus menyebut berapa jumlah pemain bintang yang ada dimuka bumi ini. Mungkin dari sekian banyak pemain bintang, urutan dua teratas masih dipegang Messi dan Ronaldo.

Namun jika kita harus menjawab berapa pemain bulan atau supermon dimuka bumi ini ?? pastilah jawabannya akan beragam.

Terus yang dimaksud supermon itu apa ?? apakah masih ada atau sudah punah dari muka bumi ini ??

Jawabannya dia masih ada, dan dia hidup ditengah orang-orang yang mabuk akan popularitas. Namanya tak sepopuler pemain bintang, namun perannya melebihi pemain bintang. Disinilah mengapa ia disebut supermon, karena efeknya hampir sama seperti bulan yang memiliki magis yang dapat memberikan efek positif bagi yang lain yang ada disekitarnya.

Terus diposisi apa dia berada ??

Dia tak memiliki posisi tetap, dimana tim kehilangan kendali dalam sebuah posisi maka disanalah ia berada. Lebih tepatnya supermon adalah seorang PLAYMAKER. tapi tak semua Playmaker berposisi sebagai pemain gelandang. Ada juga yang menikmati perannya sebagai seorang bek seperti Franz Backenbauer dimasa emas kejayaan Jerman barat, dan ada juga yang merangkap sebagai seorang striker seperti Francesco Totti di As Roma, yang pada intinya Playmaker bukan dilihat dari posisinya, melainkan karakter.   

Untuk saat ini pemain yang layak tuk dijadikan acuan para Supermon didunia adalah Andrea Pirlo ( Midfield JUVENTUS ) dan Andreas Iniesta ( Midfield BARCELONA ), kedua pemain ini memiliki kemampuan yang mumpuni terkhusus kontrol bola dan sebagai stabilizer permainan, kemampuan dan kelihaiannya sebagai supermon dapat dilihat dari pencapaian fantastis yang pernah ia torehkan baik klub maupun tim nasional yang ia bela.

Terus diantara keduanya siapa yang lebih hebat ??

Dalam hal ini keduanya memang sama hebat dilapangan hijau, namun dari segi fungsi dan pengaruh jelas supermon lebih unggul dari superstar. Mengapa demikian ? karena tanpa bantuan supermon, maka tak akan ada yang namanya superstar.

Bisa diambil contoh, status Lionel Messi sebagai superstar di Barcelona akan terasa berat bila dipikul sendiri. Messi butuh seorang supermon yang bernama Andreas Iniesta, begitu pula dengan Christiano Ronaldo, dia tak akan sepopuler saat ini tanpa bantuan Wayne Ronney di Man.United dan Mesut Ozil rekan satu tim di Real Madrid.

Terus adakah manusia yang dapat menjadi Superstar sekaligus Supermon ?

Jawabannya ada, tapi sangat sedikit dan itupun hanya hampir mendekati kriteria sempurna. Kalau boleh jawab, orang itu adalah Zinadine Zidane. dia salah satu orang yang berhasil mengkolaborasikan kedua item tersebut. Buktinya Piala Dunia 1998 dan EURO 2000 bersama timnas prancis berhasil direngkuh berkat performa apiknya dilapangan hijau.

Dibelakang Zidane di susul oleh nama David Beckham, sang legenda inggris yang yang tenar didalam dan diluar lapangan. 

Namun menemukan sosok yang setara seperti Zidane dan Beckham untuk saat ini bukanlah perkara mudah, dibutuhkan proses yang panjang untuk menjadi sosok seperti dia, dan itu membutuhkan waktu yang tak sebentar.


Terus siapa yang terbaik diantara mereka ??

Itu semua tergantung kepada penilaian masing-masing, walau susunan kata-kata diatas lebih memihak kepada supermon, bukan berarti kehebatan superstar diabaikan begitu saja, kedua-nya memiliki peran masing-masing seperti halnya bulan dan bintang mereka berdua akan selalu hidup berdampingan mengisi malam kita. 

Tanpa ada bulan malam akan menjadi gelap, tanpa bintang malam serasa tak indah. Kolaborasi keduanya lah yang membuat malam kita lebih berwarna.

Begitu pula dalam dunia sepakbola, walau dalam segi fungsi dan peran mereka berbeda. Keduanya tetap kompak mengisi satu sama lain dan memberikan yang terbaik bagi tim yang ia bela. 

Begitu pula dengan hidup alangkah indahnya kita dapat saling mengisi satu sama lain tanpa menjadikan perbedaan sebagai sebuah alasan untuk terjalinnya hubungan yang harmonis satu sama lain #RESPECT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar